Sunday, August 12, 2012

Tips Menjaga Gigi Agar Tidak Berlubang


Penyakit gigi berlubang adalah penyakit yang bisa dikategorikan penyakit umum. Dikategorikan umum karena hampir setiap orang pasti akan mengalami yang namanya penyakit gigi berlubang. Gigi berlubang terbentuk akibat adanya pembusukan yang terjadi di dalam gigi. Pembusukan ini diakibatkan oleh bakteri. Bakteri ini mengeluarkan zat asam yang menyebabkan timbulnya lubang pada gigi. Timbulnya bakteri ini dikarenakan adanya zat gula dalam tubuh yang berlebihan. Oleh karena itu harus diperhatikan kadar gula pada setiap makanan yang kita akan makan. Selain banyaknya zat gula, penyakit gigi ini juga timbul dikarenakan adanya sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi.




Penyakit gigi berlubang ini tidak bisa dipandang sebelah mata saja. Karena dapat menimbulkan efek yang lebih buruk. Misalnya timbulnya penyakit jantung, ginjal, dan paru-paru. Hal ini bisa terjadi karena bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh lewat aliran darah dan pada akhirnya akan berasimilasi dengan bagian tubuh yang terkena. Dari beberapa survei yang pernah dilakukan pernah ada kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit gigi berlubang ini. Oleh karena itu mulai sekarang harus diperhatikan benar-benar diperhatikan kesehatan gigi, agar tidak menimbulkan penyakit gigi berlubang.


Sakit gigi ini sendiri memerlukan penanganan yang intensif agar penyakit ini tidak timbul di dalam gigi. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa tetapi juga menyerang anak-anak. Ini bisa terjadi karena anak-anak sangat suka makanan yang manis-manis. Dan ini dapat menyerang dengan mudah gigi pada anak-anak karena enzim pada gigi anak-anak tidak sesempurna orang dewasa.
Untuk mencegah timbulnya gigi berlubang ini, ada beberapa tips-tips yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyakit gigi berlubang. 

1.     Menyikat gigi secara teratur, minimal 2 kali sehari setiap sebelum tidur dan sesudah makan. 

2.     Memeriksakan gigi secara rutin, minimal 3-6 bulan sekali. 

3.     Hindari makan-makanan yang memiliki kandungan zat gula yang berlebih. 
 
4.     Menggunakan teknik menyikat gigi yang benar. 

5.     Perbanyak konsumsi makanan berserat agar gigi terawat. 

6.     Gunakan pasta gigi yang mengandung flourida.


ARTIKEL TERKAIT:

No comments:

Post a Comment